Manfaat Khasiat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lona (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembnag).

Daun dan buah sirsak mampuh meninngkatkan daya tahan tubuh dan mencegah proses penuaan.Kandungan seratnya berpungsi memperlancar pencernaan dan sembelit. Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Khasiat:

  1. Ambeien.
  2. Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  3. Sakit Kandung Air Seni.
  4. Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
  5. Bayi Mencret.
  6. Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
  7. Anyang-anyangen.
  8. Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.
  9. Sakit Pinggang.
  10. 20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.
  11. Bisul.
  12. Daun sirsak yang masih muda secukupnya, tempelkan di tempat yang terkena bisul.
  13. Meningkatkan napsu makan Mengatasi gangguan pegal-pegal di badan.
  14. Mengatasi pegal di pinggang Mengatasi batu empedu.
Manfaat Khasiat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Cara meramu:
Ambil 100 gram sirsak yang sudah matang, dikupas dan diambil dagingnya, dan jangan lupa dibuang bijinya, lalu tambahkan air 50cc aduk sampai rata. minum ramuan ini satu kali sehari 2 jam sebelum makan pagi atau siang.


Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat khasiat buah sirsak bagi kesehatan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat serta khasiat buah-buahan, tanaman obat bagi kesehatan. Baca juga manfaat khasiat belimbing wuluh bagi kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »