Manfaat Khasiat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Khasiat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Belimbing wuluh atau belimbing asam (Averrhoa bilimbi), termasuk kedalam suku atau family Oxcalidaceae. Tanaman ini juga dikenal dengan nama calincing (sunda), belimbing wuluh (Jawa), basom belimbing atau balimbingan (Batak), belimbing buluh (Bali), dan balimbieng (Minangkabau).

Manfaat Khasiat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Ada berbagai kandungan kimia yang hadir dalam tumbuhan ini seperti saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, alkaloida, dan kalium sitrat.Belimbing wuluh sering dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu masakan atau digunakan untuk ramuan campuran jamu, tanaman ini ternyata mempunyai manfaat khasiat untuk membantu penyembuhan penyakit seperti:
  • rematik batuk
  • pegal linu sariawan
  • jerawat panu
  • darah tinggi sakit gigi

Berikut beberapa contoh meramu belimbing wuluh untuk dijadikan obat:

Untuk mengobti batuk
Cuci 10 buah belimbing wuluh hingga bersih, lalu tumbuk sampai halus, tambahkan 2 sendok makan garam, aduk hingga rata, lalu saring untuk di ambil air nya. Minum ramuan ini 2 kali sehari hingga sembuh.

Menghilangkan jerawat
Siapkan beberapa buah belimbing wuluh, tumbuk hingga halus, tambahkan garam secukupnya, aduk higga rata, lalu gosokan pada muka yang berjerawat secara merata. Lakukan cara ini 3 kali sehri sampai sembuh.

Demikian manfaat belimbing wuluh serta khasiat belimbing wuluh, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa lihat juga manfaat khasiat daun kelor bagi kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »