Cara Menyusui Bayi Kembar Yang Benar

Cara Menyusui Bayi Kembar Yang Baik dan Benar

Sangat bahagia tentunya bila memiliki bayi kembar yang sangat lucu. Namun akan berbeda bila sudah berurusan dengan menyusui. Menyusui bayi kembar memerlukan perlakuan yang ekstra, produksi ASI untuk menyusui bayi kembar, semakin banyak dibandingkan ASI yang menyusui satu bayi bukanya berkurang, dengan catatan ibu yang menyusuinya harus mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah-buahan supaya ASI yang diproduksi banyak dan harus sering makan. Kadang ibu yang mempunyai anak kembar sulit untuk menyusui bayi kembarnya, Berikut tips menyusui bayi kembar :

  1. Waktu menyusui bayi kembar yang harus dilakukan pertama kali bayi lahir simpan di perut ibu
  2. atau dada ibunya sebelah kiri dan kanan dengan bantuan orang lain, keadaan ibu berbaring
  3. telentang lurus, sampai bayi tersebut menemukan puting susu ibunya supaya ada kontak batin
  4. antara ibu dan anak.
  5. Posisi bayi harus saling bertolak arah jangan berhadapan, seperti kedua tangan ibu memeluk
  6. masing-masing satu kepala bayi, posisi kaki bayi keluar .
  7. Untuk memudahkan menyusui bayi kembar Simpan bayi ditempat yang datar yang memiliki
  8. ketinggian kurang lebih sepinggang ibu.
  9. Meletakkan bantal di atas pangkuan ibu.
  10. Ada dua posisi, yaitu posisi dibawah ketiak dan posisi mengayun
  11. Menyusui bayi kembar harus bersamaan, jangan bergantian
  12. Dalam menyusui harus giliran jangan diberi susu itu-itu saja, gantian posisi
Cara Menyusui Bayi Kembar Yang Baik dan Benar

Kecemburuan adalah hal yang lumrah terjadi pada bayi kembar saat disusui oleh ibunya. Dengan beberapa tips sederhana ini, kecemburuan pada bayi kembar Anda akan teratasi. Banyak para ahli menyatakan bahwa anak-anak tidak akan memperlihatkan tanda-tanda kecemburuan sampai usia mereka mencapai tahap balita. Namun, fenomena kecemburuan saat pemberian ASI sudah bisa terjadi pada bayi kembar yang berusia empat bulan, meskipun umumnya terjadi pada usia enam bulan. Kecemburuan dalam mendapatkan ASI biasanya muncul pada anak ketika ibunya sibuk menyusui saudara kembarnya. Hal tersebut dilakukan oleh si kembar sebagai suatu cara untuk merebut kembali perhatian si ibu. Kecemburuan pada si kembar yang menuntut untuk diperhatikan dan dirawat secara bersamaan tentu mengakibatkan seorang ibu kelelahan dan kewalahan. Nah, di bawah ini ada beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir rasa cemburu yang muncul pada si kembar.

Atur Waktu Tidur
Aturlah waktu bangun dan tidur yang berbeda antar masing-masing si kembar, sehingga Anda dapat menghabiskan waktu penuh untuk salah satu dari bayi kembar Anda sebelum si kembar yang lain bangun dari tidurnya. Misalnya, jika salah satu bayi kembar Anda bangun di siang hari, maka aturlah sedemikian rupa agar saudaranya bangun 15 sampai 20 menit kemudian. Lakukan hal yang sama saat mereka tidur siang maupun tidur di malam hari. Tidur kan salah satu bayi kembar Anda pada waktu yang ditentukan, dan gunakanlah waktu tersebut untuk menyusui bayi kembar Anda yang lain. Lakukan hal tersebut secara bergantian agar Anda sendiri tidak kewalahan saat menyusui kedua bayi kembar Anda.

Alihkan Perhatian
Berilah mainan favorit maupun makanan ringan pada salah satu dari mereka yang tidak sedang Anda susui sebagai pengalih perhatian. Selain itu, Anda juga bisa menyuruh anak Anda yang lebih tua untuk bermain dengan si kembar agar dia merasa terhibur. Nah, hal ini dapat memberi Anda waktu lebih yang Anda butuhkan untuk menyusui saudara kembarnya secara leluasa. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa kecemburuan mungkin tetap muncul pada salah satu si kembar, jadi aturlah waktu sedemikian rupa agar Anda tetap dapat memberi perhatian yang sama pada kedua bayi.

Susui Bersamaan
Sekali waktu, susui kedua bayi kembar Anda secara bersamaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada saat ketika Anda diharuskan menyusui kedua bayi sekaligus. Sebagai contohnya, salah satu dari si kembar menangis karena kepalanya terbentur dan hal tersebut terjadi bersamaan ketika Anda sedang menyusui bayi kembar yang lain. Nah, tidak ada pilihan lain yang dapat Anda lakukan selain menyusui kedua bayi kembar secara bersamaan. Menyusui terkadang merupakan cara terbaik untuk menenangkan bayi saat rewel maupun menangis. Jadi, jangan ragu untuk menyusui kedua bayi kembar Anda dalam waktu yang sama jika hal tersebut memang yang mereka perlukan. Dengan begitu, tidak akan muncul kecemburuan antara si kembar yang satu dengan yang lain.

Berikut beberapa contoh posisi menyusui bayi kembar

Posisi menyusui bayi kembar
Posisi Menyusui Bayi Kembar


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »