Manfaat Khasiat Brokoli Bagi Kesehatan

Khasiat Brokoli Bagi Kesehatan

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih. Fisik brokoli bisa dibilang hampir mirip dengan kembang kol, perbedannya bisa dilihat dari warna dimana warna brokoli hijau, sedangkan kembang kol berwarna putih. Brokoli umumnya dikonsumsi dengan cara diolah kedalam masakan seperti dibuat sayur, sup, atau dikukus, selain itu brokoli dapat diminum dengan cara dibuat juss.

Khasiat Brokoli Bagi Kesehatan :

Ada banyak manfaat khasiat yang dapat kita temukan dalam sayuran hijau ini, nilai gizi brokoli dianggap sebagai pembangkit tenaga seperti:
  • Vitamin A 
  • Kalsium kromium
  • Karbohidrat vitamin C
  • Protein
  1. Brokoli mengandung senyawa Sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang berguna untuk merangsang pembentukan nglutatio, dimana sulforafan ini dapat mencegah penyakit kanker.
  2. Brokoli juga mengandung fitokimia dan anti oksidan yang melawanberbagai penyakit dan infeksi.
  3. Brokoli dikenal sebagai sumber serat, vitamin C, K, E dan A, serta berbagai mineral penting.

Berikut jenis - jenis brokoli :

  1. Brokoli Romanesco: yaitu jenis brokoli berwarna hijau kekuningan dengan daun yang menonjol.
  2. Brokoli hijau: merupakan jenis brokoli yang paling sering dijumpai, brokoli mempunyai daun yang besar serta batang yang tebal.
  3. Brokoli ungu: jenis ini tentunya berwarna ungu dengan daun yang lebih kecil dan biasanya dijual di Spanyol, Italia dan Inggris.
Manfaat Khasiat Brokoli Bagi Kesehatan


Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat khasiat brokoli bagi kesehatan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat serta khasiat buah-buahan, tanaman obat bagi kesehatan. Baca juga manfaat khasiat buncis bagi kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »