Penyebab Rasa Gatal Di Area Intim Wanita


Penyebab Umum Rasa Gatal Di Area Intim Wanita

Seorang ahli medis mengatakan, rasa gatal di area intim wanita bisa menjadi sinyal awal dari Penyakit Menular Seksual (PMS). Rasa gatal yang luar biasa dapat menyebabkan keinginan untuk menggaruk area intim, sehingga meninggalkan luka dan iritasi.

Penyebab umum rasa gatal ini bisa timbul karena adanya reaksi kimia, seperti deterjen, pelembut kain, semprotan obat genital, salep, atau krim yang tak cocok dengan area intim.

Dr Titi Dairo, seorang ginekolog menjelaskan, faktor menopause dengan penurunan hormon estrogen yang membuat kekeringan pada organ intim, bisa menjadi pemicu rasa gatal. Begitu juga dengan stres yang dapat meningkatkan rasa gatal dan rentan terhadap infeksi.

Dairo menambahkan, di suatu titik waktu, seorang wanita akan mengalami beberapa derajat gatal di area intim internal atau eksternal. Meskipun tampak normal, namun rasa gatal yang berlebihan tetap dianggap tidak wajar dan harus dilakukan pemeriksaan lanjut.

Bersarangnya bakteri vaginosis juga bisa menjadi jawaban berikutnya, mengapa wanita suka menggaruk area intimnya. Pasalnya, bakteri membuat wanita merasa panas, gatal, dan bau tak sedap di organ intimnya.

Rasa gatal di area intim wanita juga bisa menjadi gejala PMS, seperti herpes , trikomoniasis, gonore dan infeksi jamur. Ketidaknyamanan ini juga banyak terjadi pada wanita hamil, perubahan tingkat pH selama kehamilan juga memicu rasa gatal di area intim wanita.

Melansir Daily Times, gatal organ intim didefinisikan sebagai iritasi atau kesemutan pada kulit sekitar area intim dan daerah vulva.

Penyebab Rasa Gatal Di Area Intim Wanita

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »