Manfaat dan Khasiat Ampuh Daun Talok/Kersen/Seri Buat Diabetes

Diabetes Sembuh Dengan Daun Kersen/Talok/Seri

Dibalik rasanya yang manis dan ukurannya yang super mini ternyata terdapat khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan kita. Apa saja kira-kira manfaat buah Kersen/Seri/Gersen untuk kesehatan? Berikut ini kami bagikan beberapa khasiat buah kersen/Seri atau Gersen untuk Kesehatan yang perlu kita ketahui: Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan. Talok Pohon kersen/seri/gersen (Talok) sangat mudah dijumpai diberbagai daerah di Indonesia, tanaman ini mudah tumbuh dimanapun baik daerah basah amupun kering. Kalau di pedesaan tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman peneduh, karena memang daunnya yang rindang dan batangnya cepat tumbuh besar. Namun siapa sagka ternyata pohon ini memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa bagi proses peyembuhan penyakit diabetes dan asam urat. Daunnya ternyata sangat ampuh dijadikan sebagai obat diabetes, dan buahnya dapat dijadikan sebagai obat asam urat. 

Diabetes Sembuh Dengan Daun Kersen Talok 

Tulisan ini berdasarkan pengaaman dari Sdr. Ninik Andrianie yang ditulis di akun Facebook-nya. Berikut tulisan yang disadur dari pengalamannya mengobati ibunya yang menderita diabetes dan akhirnya sembuh dengan daun pohon Kersen/Seri/Gersen (TALOK). 

“Ibuku menderita diabetes atau kelebihan gula dalam darah sehingga apabila tubuh luka maka akan SUSAH UNTUK PULIH. Karena ibuku juga menderita stroke dan hampir seluruh tubuh susah digerakkan sehingga sepanjang hari hanya tidur atau berbaring saja. Sudah sejak satu tahun yang lalu pinggul ibuku terluka (mungkin kebanyakan terlentang) luka itu membuat lubang dipinggul sehingga mengeluarkan darah dan akhirnya bernanah dan busuk. Luka itu mulai melebar dan membuat lubang sana sini hingga luka itu kelihatan sangat parah dan menimbulkan bau busuk. 

Sepulang dair malaysia saya berusaha konsultasi dengan dokter tentang luka tersebut, dan dokter menyarankan apabila bagian tubuh sudah mulai membusuk harus dipotong supaya tidak melebar kemana-mana. Saya hampir putus asa, karena sudah mencoba berbagai cara pengobatan tapi luka itu tidak kunjung sembuh. 

Akhirnya saya bertemu seorang kawan, dan dia menyarankan untuk mencoba pegobatan dengan minum rebusan daun talok / kersen / seri, dan saya pun putuskan untuk mencoba saran teman tersebut. 

Berikut cara membuat rebusan daun kersen : 

  • Ambil 10-15 lembar daun talok yang sudah tua. 
  • Rebus dengan 3 (tiga) gelas air putih, sampai sisa 1 (satu) gelas. 
  • Biarkan hangat/dingin, baru diminumkan. 
  • Berikan 3 kali sehari 1 gelas. 


Awal minum daun itu ibuku demam dan luka mengeluarkan nanah banyak sekali hingga harus saya ganti perban beberapa kali, kemudian setelah 2 (dua) hari minum luka itu tidak mengeluarkan nanah lagi dan mulai keluar darah merah dan hari berikutnya seperti ada daging yg tumbuh menutupi luka. Luka itu mulai membaik dan tidak mengeluarkan darah atau nanah lagi, dalam waktu sebulan. Luka mulai kering dengan luka kecil mulai tertutup dan luka besarnya mulai menciut. 

Sampai saat ini masih saya minumkan. Tapi daunnya tidak saya rebus, namun saya keringkan dan saya seduh seperti membuat teh hijau dengan satu gelas diminum dua kali sehari. 

Berikut cara membuat teh daun kersen : 

  • Daun kersen / talok tidak boleh dijemur matahari langsung. 
  • Potong dengan dahannya dan gantung saja ditempat yg teduh, biarkan layu dan kering dengan sendirinya. 
  • 10 lembar daun diseduh dengan air satu gelas. 
  • Minum pagi dan sore, berguna untuk menurunkan kadar gula dan antibiotik luka diabetes.

Selain ini masih ada beberapa manfaat dari buah dan daun Talok/Kersen/Seri bagi kesehatan :

1. Antibakteri

Sifat antibakteri buah kersen ini snagat bermanfaat untuk tubuh kita. Dengan demikian tubuh kita menjadi lebih kuat dari serangan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tertentu. Para peneliti menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

2. Antioksidan

Selain antibakteri, buah kersen juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

3. Antiseptik

Rebusan daun kersen dapat membunuh mikroba atau bisa digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen terbukti bisa membunuh bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun kersen, seperti tanin, flavonoid dan saponin.

4. Anti-inflamasi

Rebusan daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.

5. Anti-tumor

Daun kersen juga dilaporkan memiliki efek anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Mengobati asam urat

Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

7. Melindungi jantung

Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

8. Kram perut

Bunga kersen dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buang kersen dan meminum airnya.

9. Anti-kanker

Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.

Selain, 9 manfaat di atas, buah kersen juga dapat mengatasi berbagai penyakit, seperti: 

  • Mengobati asam urat
  • Menyembuhkan diabetes
  • Meredakan gejala flu
  • Mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak  mudah sakit
  • Meredakan sakit kepala
  • Kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar
  • Mencegah dan menyembuhkan batuk.


Demikian yang dapat admin sampaikan pada artikel kali ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan membantu keluarga kita yang sedang mengalami gangguan kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar