Manfaat Khasiat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

Sebutan "jeruk" kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit. Dalam bahasa sehari-hari, penyebutan "jeruk" atau "limau" (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti "jeruk keprok" atau "jeruk manis". Di Jawa, "limau" (atau "limo") berarti "jeruk nipis". Buah jeruk yang rasanya asam manis dan mengandung vitamin C, ternyata banyak sekali manfaat khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusia.

Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.

Berikut ini adalah manfaat khasiat buah jeruk :

  1. Mendukung jaringan konktif
  2. Menjaga sistem pertahanan tubuh 
  3. Mencegah proses panuan
  4. Menghancurkan batu empedu
  5. Anti oksidan
  6. Anti kanker 
  7. Mengurangi pembengkakan 
  8. Menghilangkan ras nyeri.

Berikut cara membuat jus jeruk untuk di konsumsi:

Ambil 100 jam buah jeruk yang sudah masak, dikupas lalu di blander, dan jangan lupa tambahkan air sebanyak 50cc, setelah menjadi jus diminum 2 kali sehari setelah makan pagi dan makan sore sebanyak 1 gelas.

Manfaat Khasiat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat khasiat buah jeruk bagi kesehatan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat serta khasiat buah-buahan, tanaman obat bagi kesehatan. Baca juga manfaat khasiat daun seledri bagi kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »