Manfaat Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Bawang merah (Allium cepa L. Kelompok Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Orang Jawa mengenalnya sebagai brambang. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbi, meskipun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara.Tanaman ini ternyata memiliki banyak kandungan serta bermanfaat sebagai pelezat masakan dan berkhasiat untuk kesehatan (Obat tradisional).

Khasiat

Bermanfaat untuk mengatsi sakit kepala, mengobati batuk, sakit tenggorokan, melancarkan buang air besar, mengatasi haid tidak teratur, demam pada anak, perut kembung pada anak, menurunkan tekanan darah, kadar lemak,  maag, masuk angin, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, sebagai obat kencing manis / diabetes melitus, memperlancar pernafasan dan memperlancar aliran darah karena bawang merah dapat menghambat penimbunan trombosit dan meningkatkan aktifitas fibrinotik.

Kandungan

Bawang merah mengandung minyak atsiri, siloalilin, dihidroakiin, flavogliksosida, kuersetin, poptida, vitamin, vitohormon dan zat pati.

Zat yang bermanfaat dalam bawang merah adalah: flavonglikosida yang berfungsi mengobati radang, lalu saponin yang membantu dalam mengencerkan dahak, dan antioksidan kuat yang bertindak sebagai agen yang menghambat sel kanker. 

Berikut salah satu contoh meramu obat sederhana dari bawang merah untuk dijadikan obat:
Untuk mengobati perut kembung dan masuk angin:
Ambil masing-masing satu siung bawang merah dan bawang putih, lalu tumbuk keduanya secara bersamaan, tambahkan 5-8 tetes minyak kayu putih, aduk hingga rata. Kemudian oleskan ramuan tadi pada perut dan punggung secara merata.

Manfaat Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat khasiat bawang merah bagi kesehatan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat serta khasiat buah-buahan, tanaman obat bagi kesehatan. Baca juga manfaat khasiat lidah buaya bagi kecantikan dan kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »