Manfaat Khasiat Lidah Buaya Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Khasiat Lidah Buaya Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Lidah Buaya (Aloe vera) Latin: Aloe barbadensis Milleer adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS. Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut.

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Manfaat Khasiat Lidah Buaya Untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan jerawat 
2. Melembabkan kulit 
3. Detoksifikasi kulit 
4. Penghapusan bekas luka dan tanda 
5. Mengurangi peradangan serta perbaikan
6. Peremajaan kulit
7. Penyembuhan luka bakar.

Manfaat Khasiat Bagi Kesehatan :

1. Anti inflamasi, Laksatif, Stomakik, Ekspektoran.
2. Antiradang, obat pencahar, parasitiside, memperbaiki pankreas.
3. Melancarkan peredaran darah dan mengatasi tekanan
4. Darah tinggi
5. Menyembuhkan wasi
6. TBC
7. Asma
8. Batuk
9. Sakit perut
10.Eksim, dan obat urus-urus.

Berikut beberapa cara meramu lidah buaya untuk dijadikan obat tradisional :

Penyubur rambut : 
Ambil daun lidah buaya segar secukupnya dibelah, diambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar, digosokan ke kulit kepala sesudah mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain, keesokan harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama tiga bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan. 

Sakit kepala, pusing, sembelit (Constipation), Kejang pada anak, Kurang gizi (Malnutrition), Batuk rejang (pertussis), muntah darah, Kencing manis (DM), wasir, peluruh, dan haid : 
Ambil 200 gram daun segar lidah buaya dicuci bersih, dikupas lalu direbus dengan tiga gelas airselama 15 menit. Setelah dingin diminum tiga kali sehari, pagi-pagi, siang dan malam.

Bisul: 
Daun dilumatkan ditambah sedikit garam, tempelkan pada bisulnya.

Luka bakar dan tersiram air panas: 
Daun dicuci bersih, ambil bagian dalamnya, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api/air panas.

 Manfaat Khasiat Lidah Buaya Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

WARNING :
Terapi ini jangan digunakan saat sedang hamil dan selama datang haid karena dapat meluruhkan haid. Selain itu, pada orang yang memiliki lemah kandungnan dan limpa sebaiknya menghindari mengosumsi lidah buaya. Jika ingin kombinasikan dengan tanaman lain, lidah buaya jangan direbus, tetapi dibuat pil atau bubuk.

Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat khasiat lidah buaya bagi kecantikan dan kesehatan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat serta khasiat buah-buahan, tanaman obat bagi kesehatan. Baca juga manfaat khasiat buah salak bagi kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »