Manfaat Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan

Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan

Bandotan merupakan tanaman yang berasal dari Amerika tropis, khususnya Brazil. Di Indonesia, bandotan dikenal sebagai tanaman liar atau sebagai tanaman pengganggu (gulma) yang sering ditemukan di ladang, kebun, pekarangan, dan di tempat lain sebagainya. Di wilayah Nusantara disebut juga sebagai babandotan atau babadotan (Sd.); wedusan (Jw.); dus-bedusan (Md.); rumput balam (Ptk.); serta Billygoat-weed, Goatweed, Chick weed, atau Whiteweed dalam bahasa Inggris, tumbuhan ini mendapatkan namanya karena bau yang dikeluarkannya menyerupai bau kambing.

Tanaman bandotan mempunyai kandungan kimia seperti asam amino, pectic subtance, potassium clorida, sulfur,B-isitosterol, organacid, friedellin, stigmasterol, tanin, ageratochromomene, minyak atsiri, dan coumarin. Selain itu, akar bandotan mengandung kumarin dan alkaloid.

Manfaat khasiat bandotan untuk dijadikan obat tradisional, serta cara meramunya :


Rebusan dari daun juga digunakan untuk obat sakit dada, sementara ekstrak daunnya untuk obat mata yang panas. Akar yang ditumbuk dioleskan ke badan untuk obat demam; ekstraknya dapat diminum. Daunnya bisa dijadikan obat tetes mata, dengan jalan menumbuknya; air tumbukan tersebut, bisa diteteskan ke mata untuk cuci mata. Cara ini umum di Pantai Gading. Di sana pula, bandotan dipergunakan untuk sakit perut, penyembuhan luka, dan untuk menyembuhkan patah tulang.

Rematik dan bengkak karena keseleo
Ambil satu genggam daun dan batang bandotan yang masing muda, cuci sampai bersih, tambahkan 1 kepal nasi basi, dan 1/2 sendok garam, lalu tumbuk hingga menjadi kental, balurkan kebagian sendi yang sakit dan biarkan selama 1-2 jam. Sebaiknya lakukan cara ini 2-3 kali sehari hingga sembuh.

Sakkit tenggorokan
Siapkan daun bandotan 30-60 gr, cuci hingga brsih, tumbuk daun hingga halus tambahkan air sebanyak 1 gelas dan saring. Lalu tambahkan gula batu secukupnya, aduk hingga rata. Sebaiknya ramuan ini di minum 3 kali sehari.

Sebagai obat luka
Caranya, dengan menumbuk bandotan dan dicampur dengan minyak goreng, dan dipergunakan untuk obat luar saja, daun tumbuhan ini diremas-remas, dicampur dengan kapur, dioleskan pada luka yang masih segar. 

Zat yang terkandung dalam babadotan yang dilaporkan pada tahun 1987 adalah sebagai berikut: minyak esensial, alkaloid, dan kumarin. Meski demikian, tumbuhan ini juga memiliki daya racun. Di Barat, bandotan juga dimanfaatkan sebagai insektisida dan nematisida. Sementara, penelitian lain menemukan bahwa bandotan dapat menyebabkan luka-luka pada hati dan menumbuhkan tumor. Tumbuhan ini mengandung alkaloid pirolizidina.

Manfaat Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan

Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat khasiat bandotan bagi kesehatan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat serta khasiat buah-buahan, tanaman obat bagi kesehatan. Baca juga manfaat khasiat bawang putih bagi kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »