Manfaat Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.

Bawang putih (Allium sativum) merupakan tanaman yang berumpun dan tinginya bisa mencapai 100 cm, seperti bawang merah, bawang putih juga dimanfaatkan sebgai bumbu masakan.

Kandungan :

Bawang putih kaya akan kandungan kimia yang memiliki aktivitas biologi dan bermanfaat dalam pengobatan karnna adanya kandungan senyawa organosulfur, diantaranya :
  • Senyawa S-ak(en)-il-L-Sisten Sulfoksida (ACSOs), yakni senyawa yang diduga paling banyak terdapat pada bawang putih, contoh nya Alliin dan y-glutamilsistein, yang berfungsi sebagai antibakteri. 
  • Bawang putih mengandung minyak atsiri yang bersifat antiseptik dan antibakteri.
  • Bawang putih juga mengandung zat aktif awcin,sinistrine, selenium, scordinin, nicotinic acid, awn, enzim alinase, germanium dan sativine.

Manfaat Khasiat :

Berikut adalah beberapa contoh meramu bawang putih untuk dijadikan obat tradisional:

Mengobati wasir 
Sediakan beberapa bawang putih, tumbuk bawang tersebut hingga memar, lalu bersihkan daerah anus dengan airhangat dan sabun, setelah bersih oleskan bawang putih yang sudah dimemarkan diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan kembali dengan air hangat dan sabun. lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari sampai sembuh.

Untuk mengobati batuk 
Ambil beberapa bawang putih, lalu tumbuk hingga halus, tambahkan air susu sebanyak 1 gelas, lalu panaskan selama 1-2 menit, minum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

Manfaat Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat khasiat bawang putih bagi kesehatan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat serta khasiat buah-buahan, tanaman obat bagi kesehatan. Baca juga manfaat khasiat buah semangka bagi ibu hamil

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »