Manfaat Khasiat Daun Sukun Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Sukun Bagi Kesehatan

Sukun adalah nama sejenis pohon yang berbuah. Buah sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, yang mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu, orang-orang Eropa mengenalnya sebagai "buah roti. Sukun sesungguhnya adalah kultivar yang terseleksi sehingga tak berbiji. Kata "sukun" dalam bahasa Jawa berarti "tanpa biji" dan dipakai untuk kultivar tanpa biji pada jenis buah lainnya, seperti jambu klutuk dan durian. "Moyangnya" yang berbiji (dan karenanya dianggap setengah liar) dikenal sebagai timbul, kulur (bahasa Sunda), atau kluwih (bahasa Jawa), kulu (bahasa Aceh), kalawi (Minang). 

Di daerah Pasifik, kulur dan sukun menjadi sumber karbohidrat penting. Di sana dikenal dengan berbagai nama, seperti kuru, ulu, atau uru. Nama ilmiahnya adalah Artocarpus altilis. Daun sukun ternyata banyak memiliki manfaat serta khasiat untuk kesehatan tubuh manusia dan dijadikan sebagai obat tradisional.

Berikut Ini adalah manfaat khasiat daun sukun bagi kesehatan, serta cara meramunya untuk dijadikan obat tradisional. 

1. Untuk yang memiliki masalah kolesterol
Siapkan segenggam daun sukun kering, lalu dicampurkan dengan segenggam daun bangle, kemudian potong seperti bentuk teh, seduh dengan air panas dan tunggu sampai airnya dingin, seperti membuat teh tambahkan sedikit gula atau madu untuk kurangi rasa pahitnya.

2. Untuk mengobati gangguan ginjal
Siapkan segenggam daun sukun kering lalu dipotong-potong sampai halus, aduk dengan air panas dan biarkan sampai dingin, saring terlebih dahulu sebelum meminumnya. Untuk mengurangi rasa pahitnya anda boleh mencampurnya dengan tambahan sedikit madu atau gula.

3. Untuk mengobati asam urat
Siapkan segenggam daun sukun yang sudah dikeringkan dan segenggam daun greges otot, campurkan dan seduh dengan air panas, biarkan sampai air rebusan menjadi dingin, saring lalu minum air rebusan tersebut.

PERHATIAN :
Selama meminum rebusan daun sukun hindari makan jeroan, kangkung, sayur bayam, daun singkong karena dapat menyebabkan otot menjadi kram.

Manfaat Khasiat Daun Sukun Bagi Kesehatan

Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat khasiat daun sukun bagi kesehatan, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat serta khasiat buah-buahan, tanaman obat bagi kesehatan. Baca juga manfaat khasiat daun sirih bagi kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »