Manfaat Khasiat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

Khasiat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval. Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.

Manfaat serta khasiat untuk kesehatan tubuh manusia dan ibuhamil, berikut diantaranya:

  1. Mencegah serangan jantung 
  2. Anti kanker
  3. Menyehatkan tubuh secara optimal 
  4. Menyegarkan tubuh 
  5. Mengurangi rasa mual ketika lagi hamil 
  6. Mencegah keram otot dibulan awal kehamilan
  7. Meringankan masalah pencernaan
  8. Mengurangi pembengkakan
  9. Mencegah dehidrasi selama masa kehamilan
  10. Mencegah pigmentasi

Cara meramu dengan cara dibuat jus :

Ambil dan kupasan buah semangka sebanyak 200gr, jangan lupa dibuang bijinya, masukan kedalam blender dan tambahkan air sebanyak 50cc. Blander sampai halus hingga menjadi jus, minum jus ini secara teratur sehari 3 kali dalam 1 gelas.

Manfaat Khasiat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil
Perhatian:
Glukosa tinggi: Mengonsumsi semangka berlebihan dapat menyebabkan kadar glukosa darah menjadi tinggi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes gestational. Jadi hindari makan buah yang manis secara berlebihan, termasuk semangka selama kehamilan.

Membersihkan: Semangka sangat baik bagi untuk menjaga kesehatan semua organ dalam tubuh, tetapi tubuh kita juga membutuhkan nutrisi lainnya juga. Semangka memang bisa membersihkan semua zat sisa dalam tubuh, bahkan termasuk nutrisi penting dari tubuh. Jadi hindari mengkonsumsi semangka secara berlebihan.

Mungkin bisa menyebabkan masalah Lambung : Jangan makan buah semangka yang telah lama berada di tempat terbuka, karena dapat menyebabkan masalah pencernaan, mual dan muntah. jadi makanlah buah semangka yang baru saja dipotong dan jus yang masih segar.

Terakhir, konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda berencana memasukkan semangka kedalam diet sehat kehamilan Anda. Dokter Anda pasti tahu yang terbaik bagi kehamilan Anda, dan bisa merekomendasikan bagian yang tepat untuk manfaat yang maksimal.

Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat khasiat buah semangka bagi kesehatan dan ibu hamil semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat serta khasiat buah-buahan, tanaman obat bagi kesehatan. Baca juga manfaat khasiat asam jawa bagi kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »