Hubungan persalinan preterm dengan kejadian asfiksia neonatorum di RSUD

Hubungan Persalinan Preterm

Salah satu unsur indikator keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan adalah Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Pada tahun 2006 Angka Kematian Bayi 35 per 1000 Kelahiran Hidup. Salah satu penyebab kematian neonatal adalah asfiksia neonatorum (49-60%). Dan berbagai kemungkinan penyebab terjadinya asfiksia neonatorum diantaranya adalah persalinan preterm. Di Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman 7,7% persalinan adalah persalinan preterm dan 67,9% dari jumlah persalinan preterm tersebut mengalami asfiksia dan masalah utamanya adalah masih tingginya kasus kematian yang disebabkan oleh asfiksia neonatorum. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan persalinan preterm dengan kejadian asfiksia neonatorum di Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman tahun 2008.

Desain penelitian ini bersifat survey analitik dengan rancangan casecontrol dan pendekatan retrospektif. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman dari tanggal 25 Mei sampai 28 Agustus 2009. Sampel yang digunakan sebanyak 53 sampel yang diambil secara total sampling. Data penelitian ini diambil dari data sekunder melalui catatan rekam medis tahun 2008. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat, melalui tabel distribusi frekuensi dan uji statistik yang dilakukan secara manual menggunakan rumus Chi-Square dengan X2 tabel = 3,841.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasus persalinan preterm berjumlah 53 kasus dari 690 persalinan. Sebagian besar (67,9%) dari kasus tersebut mengalami asfiksia neonatorum. Setelah dilakukan uji chi-square didapatkan hubungan yang bermakna antara persalinan preterm dengan kejadian asfiksia neonatorum dimana X2 hitung (25,9) > X2 tabel (3,841).

Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa sebagian besar persalinan preterm mengakibatkan asfiksia neonatorum. Diharapkan pada petugas Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman untuk melakukan penyuluhan tentang faktor resiko dan upaya pencegahan terjadinya persalinan preterm.
Daftar bacaan : 12 (1995 – 2008).
Hubungan persalinan preterm dengan kejadian asfiksia neonatorum di RSUD
Berikut beberapa contoh skripsi yang bisa di download :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
February 8, 2015 at 11:05 PM delete

semoga bermanfaat yah, dan bisa menambah pengetahuan kita akan kesehatan silahkan share materinya :)

Reply
avatar