Manfaat Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan

Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, sedangkan nama ilmiahnya adalah Syzygium polyanthum.

Daun salam digunakan terutama sebagai rempah pengharum masakan di sejumlah negeri di Asia Tenggara, baik untuk masakan daging, ikan, sayur mayur, maupun nasi. Daun ini dicampurkan dalam keadaan utuh, kering atau pun segar, dan turut dimasak hingga makanan tersebut matang.Rempah ini memberikan aroma herba yang khas namun tidak keras. Di pasar dan di dapur, salam kerap dipasangkan dengan laos alias lengkuas.

Daun salam yang selama ini kita kenal sebagai bumbu tambahan masakan (bumbu dapur), ternyata mengandung minyak atsiri, tanin,dan flavonoida, yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia atau herbal (obat tradisional). 

Penggunaan daun salam sebagai obat di atas disebabkan oleh kandungannya yakni pada daun salam kering terdapat sekitar 0,17% minyak esensial, dengan komponen penting eugenol dan metil kavikol (methyl chavicol) di dalamnya. Ekstrak etanol dari daun menunjukkan efek antijamur dan antibakteri, sedangkan ekstrak metanolnya merupakan anticacing, khususnya pada nematoda kayu pinus Bursaphelenchus xylophilus.Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah. 

Ekstrak daun salam 3x250 mg/hari menunjukkan kecenderungan dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan 2 jam setelah makan terutama pada kadar gula darah di bawah 200 mg/dL walaupun secara statistik perbedaannya tidak signifikan

Manfaat khasiat Daun salam untuk kesehatan :

  1. Mengatasi asam urat 
  2. Mengobati stroke
  3. Mengatasi kolesterol tinggi 
  4. Mengobati diare
  5. Melancarkan peredaran darah 
  6. Menyembuhkan gatal-gatal
  7. Mengatasi radang lambung 
  8. Mengatasi kencing manis

Cara meramu daun salam untuk dijadikan obat tradisional :

Mengatasi gatal-gatal :
Ambil daun salam secukupnya, lalu cuci hingga bersih, tumbuk atau giling hingga halus, tambahkan minyak kelapa secukupnya, kemudian balurkan pada bagian yang gatal.

Mengobati mabuk akibat alkohol :
Ambil 3 buah salam yang sudah masak, lalu tumbuk sampai halus, peras dan saring untuk di ambil airnya, minum air saringan tersebut sekaligus sampai habis. 


Untuk obat kencing manis :

Ambil 10 lembar daun salam, tambahkan 30 gram sambiloto. lalau rebus dengan air sebanyak 800 cc hingga tersisa 400 cc, setelah dingin saring lalu diminum. Minum ramuan ini 2 kali sehari. 

Untuk mengobati diare :
Ambil 20 lembar daun salam yang segar, lalu rebus dengan dua gelas air sampai mendidih selama 10 menit, setelah dingin saring dan tambahkan sedikit garam. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

Manfaat Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan

Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat khasiat daun salam untuk kesehatan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat serta khasiat buah-buahan, tanaman obat bagi kesehatan. Baca juga manfaat khasiat kulit buah manggis bagi kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »