Manfaat Khasiat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.

Orthosiphon aristatus atau dikenal dengan nama kumis kucing termasuk tanaman dari famili Lamiaceae/Labiatae. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit.

Daun Kumis kucing basah maupun kering digunakan sebagai menanggulangi berbagai penyakit, Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untuk pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis., reumatik dan menurunkan kadar glukosa darah. Selain bersifat diuretik, kumis kucing juga digunakan sebagai antibakteri.

Berikut ini adalah manfaat serta khasiat daun kumis kucing (Orthosiphon stamineus), yang sangat berguna untuk kesehatan, serta cara meramu daun kumis kucing untuk dijadikan obat tradisional :


1. Untuk memperlancar pengeluaran air kemih: 
Siapkan kumis kucing kira-kira 30 gram, akar Alang-alang 30 gram, meniran 30 gram, cuci hingga bersih semua ramuan tersebut, lalu rebus semua ramuan tersebut diair sebanyak tiga gelas sampai airnya berkurang menjadi 1,5 gelas. Minum ramuan tersebut 3x sehari sebanhyak ½ gelas.

2.Untuk mengobati kencing batu, melancarkan air kencing, sakit pinggang, darah tinggi, dan diabetes militus:
Ambil daun kumis kucing satu genggam, rebus dengan air 2 gelas, hingga tersisa satu gelas.Minum ramuan ini sehari satu gelas sebelum tidur malam.

3. Untuk mengobati batu ginjal anda bisa mencoba cara yang lain, yaitu :
Siapkan daun kumis kucing yang masih segar 3 genggam, daun keji beling 5 lembar, cuci sampai bersih, kedua ramuan tersebut rebus dengan air sebanyak dua gelas sampai mendidih. Minum rebusan ramuan tersebut 2x sehari pagi dan sore selama 10 hari.

4. Untuk mengobati batu ginjal:
Siapkan Daun kumis kucing 25 gram, daun ngokilo 25 gram, daun keji beling, dicuci 25 gram, daun meniran dengan akarnya 25 gram, lalu semua ramuan tersebut rebus dengan air sebanyak empat gelas sampai mendidih. Minum sampai habis air ramuan tersebut dalam sehari.

Manfaat Khasiat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat khasiat daun kumis kucing bagi kesehatan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat serta khasiat buah-buahan, tanaman obat bagi kesehatan. Baca juga manfaat khasiat daun salam bagi kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »