Manfaat Khasiat Kulit Buah Manggis Bagi Kesehatan

Khasiat Kulit Buah Manggis Bagi Kesehatan

Kehebatan kulit manggis tidak luput dari perhatian peneliti di Indonesia. Menurut Dr Agung Endro Nugroho MSi Apt, kulit manggis mengandung 50 senyawa xanthone. Xanthone ialah bioflavonoid yang bersifat antioksidan, antibakteri, antialergi, antitumor, antihistamin, dan antiinflamasi. Molekul biologi aktif ini memiliki struktur cincin 6 karbon dan kerangka karbon rangkap, sehingga sangat stabil. Di alam ada 200 jenis xanthone, sejumlah 50 di antaranya ditemukan di kulit manggis.

Yang paling banyak memiliki efek farmakologis adalah alfamangostin, betamangostin, dan garcinon-E. Pemeran utama penumpas sel kanker ialah alfamangostin dan garcinon-E. Keduanya menghambat proliferasi sel kanker dengan mengaktivasi enzim kaspase 3 dan 9, yang memicu apoptosis atau program bunuh diri sel kanker. Alfamangostin juga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sel pembunuh alami yang bertugas membunuh sel kanker dan virus.

Kandungan dalam kulit buah manggis :

Zat warna kuning yang berasal dari dua metabolit, yaitu magostin dan B-magostin.
Metabolit baru, yaitu 1,3,6,7-tetrahidroksi-2,8-di(3-metil-2butenil) xanton yang diberi mana a-magostanin.

Khasiat kulit buah manggis dan cara meramunya menjadi obat tradisional :

1. Untuk penyembuhan diare : 
Lakukan dengan langkah yang sama, namun air rebusan yang tersisa lebih sedikit. 

2. Untuk penyakit disentri : 
Kulit buah manggis dicuci, lalu dipotong-potongdan direbus dalam empat gelas air. Setelah mendidih dan air rebusan tersisa setengahnya, angkat dan dinginkan. Setelah dingin, air rebusan disaring. Jika ada bisa ditmbahkan madu. Minum aur ramuan ini 2 kali sehari dan lihat perkembangannya. 

3. Anti kankaer : 
Penelitian tentang khasiat kulit manggis bagi pengobatan herbal terus dilakukan. Hal terakhir yang cukup mengembirakan adalah bahwa kulit manggis diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengatsi berbagai penyakit berat mematikan seperti kanker.

4. Anti mikroba : 
Kulit buah manggis mrmpunyai daya antimikroba terhadap beberapa jenis mikroba dan jamur.

5. Untuk penyembuhan sariawan : 
Langkah cara membuat ramuan juga sama. Hanya, air ramuannya cukup digunakan untuk kumur.

Manfaat Khasiat Kulit Buah Manggis Bagi Kesehatan

Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat khasiat kulit buah manggis bagi kesehatan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat serta khasiat buah-buahan, tanaman obat bagi kesehatan. Baca juga manfaat khasiat daun melinjo dan biji melinjo bagi kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »