Manfaat Khasiat Bidara Upas Untuk Kesehatan Atau (Herbal)

 Khasiat Bidara Upas Untuk Kesehatan

Bidara upas adalah tumbuhan umbi-umbian yang merayap atau membelit yang panjang tingginya dapat mencapai 3-6 m.Daunnya berbentuk bulat telur melebar, dengan pangkal berbentuk hati.Umbinya mirip kentang, dan berbeda dengan areuy carayun (Merremia peltata)yang satu genus dengannya.

Umbi bidara upas berkumpul hingga 6-7 buah dan beratnya dapat mencapai 5 kg atau lebih seumpama tumbuh di tanah kering, gembur, dan tidak tergenang air.Warna kulit umbinya kuning kecoklatan, kulitnya tebal bergetah warna putih, bila kering warnanya menjadi coklat. Perbungaannya majemuk, yakni sejumlah 1-4 kuntum, membentuk payung,berwarna putih, dan apabila menjadi buah, kelopaknya tidak gugur. Bijinya berwarna kelabu sampai hitam, dengan pinggirannya yang berbulu kecoklatan.

Manfaat Khasiat Bidara Upas Untuk Kesehatan Atau (Herbal)

Bidara upas (Merremia mammosa), diduga berasal dari Fhilipina dan di sebarluaskan ke berbagai tempat. Bidara upas dikenal juga dengan nama blanar atau widara upas (Jawa) dan Hailale (Ambon), ia merupakan family dari convolulacae yakni satu suku dengan kangkung-kangungan.

Kandungan

Tumbuhan ini dilengkapi dengan banyak kandungan kimia, diantaranya damar, amilium (pati), zat pahit, zatoxydasse, dan resin.

Khasiat

  • Antiradang Menghilankan rasa sakit
  • Mengobati bengkak Menetralkan racun
  • Mengatasi batuk kering Mengobati batuk rejan
  • Mengatasitenggorokan serak Mengobati buang air besar berdarah
  • Obat radang usus buntu Mengobati buang air besar berlendir 
  • Mengatasi muntah darah Mengobati sakit tyfus
  • Obat kencing manis Mengatasi keracunan makanan
  • Obat kanker Melancarkan pengeluaran ASI
Berikut salah satu contoh manfaat khasiat bidara upas untuk dijdikan obat tradisional atau herbal dan serta cara mermunya:

Untuk mengobati radang usus buntu: Ambil 1/4 jari umbi bidara upas, cuci sampai bersih, kemudian parut dan jangan lupa tambahkan satu sendok gula pasir, lalu aduk hingga rata dan saring untuk di ambil air nya. Minum ramuan ini 2 kali sehari, ramuan ini dapat dicampur dengan sambiloto dan rumput mutiara.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiat bidara upas,semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita tentang manfaat Bidara Upas bagi kesehatan tubuh kita :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »