Penyebab Kulit Ketiak Hitam

Faktor Yang Menyebabkan Kulit Ketiak Menghitam

Tahukah kamu kulit ketiak tak seputih kulit tangan ataupun wajah. seringkali kamu mencukur rambut pada ketiak agar terlihat bersih tetapi hal itu malah menimbulkan bekas hitam dikulit.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit ketiak menghitam diantaranya adalah faktor genetika, perubahan hormon, faktor usia, cara mencukur rambut ketiak, pengaruh deodorant dan perubahan hormon pada masa kehamilan.Selain itu, keringat juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan ketiak berubah menjadi hitam atau gelap.Tidak mengherankan jika banyak wanita mempunyai ketiak yang hitam, karena ada banyak faktor penyebabnya.

1. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi juga merupakan penyebab kulit menggelap di sekitar ketiak. Umumnya hiperpigmentasi tidak hanya terjadi di sekitar ketiak, tapi juga di sekitar pangkal paha. Hiperpigmentasi biasanya tidak berbahaya dan dibentuk dari produksi melanin yang berlebihan.

2. Bercukur
Hasil dari bercukur ini ternyata tidak sedap dipandang, karena memberikan ilusi ketiak yang gelap. Hal yang sama terjadi pada cream penghilang rambut seperti Anne French atau Veet. Keduanya juga menghilangkan rambut di permukaan saja, yang akhirnya membuat ketiak terlihat lebih gelap. Faktanya bahwa hasil mencukur juga akan memperbesar masalah.


3. Acanthosis nigricans

American Osteopathic College of Dermatology mengidentifikasi acanthosis nigricans sebagai gangguan yang ditandai dengan tanda kulit yang menggelap di daerah ketiak, leher, dan jari-jari. Pertumbuhan kulit yang tidak normal ini merupakan hasil dari peningkatan kadar insulin dan biasanya mengindikasikan resistensi insulin. Resistensi insulin merupakan risiko utama dari diabetes tipe dua. 

4 . Sel kulit yang telah mati
Ketiak yang hitam bisa jadi hasil dari kumpulan sel - sel yang telah mati di ketiak. Yang harus dilakukan adalah angkat kulit mati tersebut dengan lembut, dengan menggunakan scrub dan menggunakan asam susu laktat.

5 . Menggunakan Antiperspirant dan deodorant yang berlebihan
Banyak teori menyebutkan bahwa zat kimia yang terdapat dalam deodorant  dapat menjadi salah satu alasan penyebab ketiak yang gelap. Hal ini menyebabkan terjadinya pigmentasi yang akhirnya dapat menghasilkan ketiak yang hitam dan permanen. 

6 . Pergesekan antara bahan baju dan ketiak
Pergesekan antara bahan baju dan ketiak dapat menyebabkan ketiak menghitam. Untuk membalikkan kerusakannya, ganti ke baju yang lebih longgar dengan bahan yang dapat membuat kulit bernafas dengan mudah. Pada dasarnya, lemak yang berkumpul di ketiak bergesekan dengan kain dan menyebabkan kulit menghitam.

7. Rambut ketiak
Rambut ketiak dapat memberikan kesan gelap pada kulit ketiak karena warna rambut lebih gelap dari warna asli kulit. Meski sering mencukurnya, akar rambut yang ada dalam kulit ketiak tetap memberikan kesan gelap. Maka ada baiknya menghilangkan rambut ketiak hingga ke akarnya.

8. Faktor keturunan
Faktor keturunan dapat menjadi penyebab hitamnya ketiak. Hal ini bisa terjadi karena berat badan yang berlebih, faktor hormon yang menyebabkan pigmentasi atau bahkan penggunaan pil KB. Dalam masalah seperti ini, kunjungi dokter untuk mendapatkan nasehat profesional jika masalah yang terjadi semakin berat dan lebih dari sekedar kulit ketiak gelap.

9 . Diabetes
Banyak orang yang tidak sadari dengan diabetes. Diabetes juga menyebabkan pigmentasi, menyebabkan kulit ketiak gelap. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah mempertahankan tingkat insulin yang optimal dan mencoba pengobatan secara alami.


10. Keringat


Menurut Health and Beauty Daily Glow, keringat berlebih merupakan penyebab paling umum warna kulit ketiak yang menggelap, terutama jika keringat mengandung asam urat.

Penyebab Kulit Ketiak Hitam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »