Manfaat Kepiting Bagi Ibu Hamil

Manfaat Dan Khasiat Kepiting Bagi Ibu Hamil


Kabar baik untuk para ibu yang saat ini sedang menjelang kehamilan tri semester pertama. Mengkonsumsi makanan yang lezat namun bermanfaat bagi kehamilan adalah salah satu yang di senangi oleh kaum ibu. Kali ini, ibu dapat mengkonsumsi kepiting pada umur kehamilan 0 sampai 1 bulan di mana ini berguna bagi kecerdasan otak anak.

Mengkonsumsi daging kepiting dari sejak kehamilan dini seminggu 1-2x dapat membuat otak bayi menjadi lebih pintar. Daging kepiting mengandung kadar protein yang cukup tinggi (18g/100g daging), kaya akan kalsium (89g/100g daging), namun rendah kadar kolesterol atau lemaknya dibandingkan dengan seafood lain. Kepiting juga mengandung EPA (eicosapentaenoicacid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yaitu komponen asam lemak Omega-3 yang penting dalam pembentukan membran sel otak pada janin sejumlah 0.3 gram.Jadi buat ibu-ibu hamil jangan takut untuk mengkonsumsi daging kepiting karena ternyata makan kepiting untuk ibu hamil sangan banyak manfaatnya buat perkembangan otak bayi nantinya.

Namun memang perlu diperhatikan, bahwa seafood memang merupakan sumber protein yang sangat baik namun juga dapat mengandung kontaminan berupa merkuri, dioksin, atau logam berat. Kadar merkuri paling tinggi terdapat pada jenis ikan besar atau ikan pemangsa seperti ikan hiu, makarel (king mackerel), marlin, dan tuna. Pada ibu hamil, tidak disarankan untuk mengonsumsi jenis ikan di atas karena dikhawatirkan kandungan merkuri atau logam berat yang tinggi. Pajanan logam berat yang dikonsumsi ketika hamil dapat menyebabkan keterbelakangan mental atau gangguan perkembangan pada anak.

'Light' tuna (yang berasal dari ikan kecil), dan salmon mengandung sedikit kontaminan. Jenis seafood lainnya sendiri hanya mengandung sedikit kontaminan logam berat. Seafood selain ikan ini dapat dikonsumsi sekitar 12 ons/minggu atau 2-3x penyajian.

Kepiting adalah seafood yang memiliki risiko rendah untuk merkuri. Banyak ikan, terutama pada akhir yang lebih tinggi dari rantai makanan, mengandung jumlah merkuri yang berbahaya dan tidak dianjurkan sebagai makanan yang sering untuk dimakan. Kepiting mengandung banyak manfaat dari makanan laut lainnya, tanpa risiko keracunan merkuri.

Kepiting juga merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C dan vitamin B termasuk B12, dan mineral seperti seng dan tembaga. Daging kepiting Ini adalah sumber selenium, yang dapat menjadi sarana untuk mencegah kanker. Kepiting juga memiliki beberapa kromium, yang dianggap sebagai mineral yang berguna jika Anda memiliki resistensi insulin, karena dapat meningkatkan metabolisme gula darah, ini juga makanan sehat untuk penderita diabetes.

Manfaat Kepiting Bagi Ibu Hamil

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
April 7, 2014 at 3:52 AM delete

iya sama-sama..smoga bermanfaat yah :)

Reply
avatar
February 8, 2015 at 10:57 PM delete

semoga bermanfaat yah, dan bisa menambah pengetahuan kita akan kesehatan silahkan share materinya :)

Reply
avatar